NENG DWI UTAMI, 19060330 (2024) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of DAFTAR ISI_merged.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI_merged.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Matematika merupakan suatu pembelajaran yang abstrak. Pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus di miliki oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penerapan Realistics Mathematics Education (RME) dalam kemampuan pemahaman matematisnya. Secara umum permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang memahami materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan dengan mix method, Mix method adalah metode penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif sekaligus, hal ini agar peneliti mampu menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada materi bangun datar. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Babakan Tiga yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil pada pertemuan I menunjukan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM hanya 41,6% (10 orang). Sedangkan hasil penelitian pada pertemuan II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM
58,4% (14 orang), dengan kategori berhasil. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pemahaman matematis dengan penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun datar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:45 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:45 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/543 |