PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NENG DWI UTAMI, 19060330 (2024) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of DAFTAR ISI_merged.pdf] Text
DAFTAR ISI_merged.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Matematika merupakan suatu pembelajaran yang abstrak. Pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus di miliki oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penerapan Realistics Mathematics Education (RME) dalam kemampuan pemahaman matematisnya. Secara umum permasalahan yang terjadi adalah siswa kurang memahami materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan dengan mix method, Mix method adalah metode penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif sekaligus, hal ini agar peneliti mampu menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada materi bangun datar. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Babakan Tiga yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil pada pertemuan I menunjukan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM hanya 41,6% (10 orang). Sedangkan hasil penelitian pada pertemuan II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM
58,4% (14 orang), dengan kategori berhasil. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pemahaman matematis dengan penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun datar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:45
Last Modified: 14 Jul 2025 02:45
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item
View Item