Nadya Nuur Amalina, 20060131 (2024) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (684kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V pada penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi organ pernafasan manusia. eterampilan proses sains diperlukan pada mata pembelajaran IPA, dimana pada keterampilan ini peserta didik atau siswa mampu mendapatkan informasi terkait pengalaman pembelajaran dengan secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain the explanatory sequential. Subjek penelitian dalam peningkatan keterampilan proses sains ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Penentuan subjek tersebut dipilih dari hasil wawancara di lapangan salah satu sekolah dasar yang ada di kabupaten Bandung Barat sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data kualitatif pemberian soal tes pretest dan post test yang dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif berupa angket respon siswa, wawancara guru dan observasi terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, uji coba lapangan penggunaan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains termasuk dalam kategori baik dan meningkat. Dengan demikian, penggunaan model inkuiri terbimbing dapat digunakan pada proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 06:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 06:18 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/539 |