PENERAPAN MODEL PJBL DENGAN TEKNIK MELANJUTKAN CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IX

Nadia Adawiyah, 20210001 (2024) PENERAPAN MODEL PJBL DENGAN TEKNIK MELANJUTKAN CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IX. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Adawiyah, N (2024) Penerapan Model PjBL dengan Teknik Melanjutkan Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerpen Berbantuan Wordwall pada siswa kelas IX.. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik dalam
menulis cerita pendek. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memulai penulisan suatu cerpen sehingga dalam proses pembuatan suatu cerpen membutuhkan waktu cukup lama. Peserta didik juga mengalami kesulitan pada penulisan diksi serta majas pada cerpen karena media ajar yang digunakan guru kurang menarik, sehingga peserta didik cenderung abai dan tidak memperhatikan. Penelitian bertujuan untuk (1)
mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis teks cerita pendek dengan menggunakan model project based learning berbantuan wordwall, (2) mengetahui respon peserta didik dan guru terkait penerapan model project based learning dengan
Teknik melanjutkan cerita berbantuan wordwall, (3) mengetahui proses penerapan model project based learning pada pembelajaran menulis cerita pendek berbantuan
wordwall dengan Teknik melanjutkan cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed methode explanatory sequential design. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), soal pretest pengetahuan dan keterampilan, lembar observasi dan lembar wawancara.
Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25 dan Microsoft Excel. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas IX. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari pelaksanaan pretest yang memperoleh nilai rata-rata 79 dan posttest 91. Hasil uji N-Gain 0,58 dengan kriteria sedang, perolehan rata-rata nilai akhir 90. Hasil angket peserta didik memperoleh skor rata-rata 70% dengan kategori kuat dan hasil wawancara Guru mata pelajaran yang memperoleh hasil baik dan memuaskan. Proses penerapan model project based learning sangat efektif untuk digunakan, dibuktikan dengan hasil observasi yang memperoleh interpretasi sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Melanjutkan Cerita, Teks Cerpen, Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:58
Last Modified: 12 Jul 2025 04:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item
View Item