MIFTAH NAUFAL, 20060057 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (673kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar memiliki tujuan meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep matematika yang dapat dibilang relatif abstrak untuk mereka. Namun, kurangnya kemmapuan guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna serta aktif dapat berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL adalah model pembelajaran yang menggunakan sebuah permasalahan
yang ada dalam kehidupan sehari – hari di dunia nyata untuk melatih siswa untuk berfikir secara kritis serta terampil dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan PBL, siswa dapat secara langsung berkontribusi secara aktif dalam
melakukan kolaborasi kerja dan memperoleh pengetahuan mengenai konsep yang pentung dari apa yang sudah dipelajari, tujuan penerapan PBL dalam pembelajaran matematika adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami
konsep matematika serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan hasil belajar matematika terhadap para siswa, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Dikarenakan itu, tugas akhir ini akan membahas lebih lanjut mengenai penggunaan model pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Konsep Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:09 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/527 |