PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MIFTAH NAUFAL, 20060057 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar memiliki tujuan meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep matematika yang dapat dibilang relatif abstrak untuk mereka. Namun, kurangnya kemmapuan guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna serta aktif dapat berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL adalah model pembelajaran yang menggunakan sebuah permasalahan
yang ada dalam kehidupan sehari – hari di dunia nyata untuk melatih siswa untuk berfikir secara kritis serta terampil dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan PBL, siswa dapat secara langsung berkontribusi secara aktif dalam
melakukan kolaborasi kerja dan memperoleh pengetahuan mengenai konsep yang pentung dari apa yang sudah dipelajari, tujuan penerapan PBL dalam pembelajaran matematika adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami
konsep matematika serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan hasil belajar matematika terhadap para siswa, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Dikarenakan itu, tugas akhir ini akan membahas lebih lanjut mengenai penggunaan model pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Konsep Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:09
Last Modified: 11 Jul 2025 07:09
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item
View Item