Muhammad Ridwan Satritama, 20060195 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar, dengan menggunakan model Problem Based Learning. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh setiap siswa khususnya pada mata Pelajaran IPS. Penyebab kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa yaitu karena rendahnya motivasi siswa ketika pembelajaran berlangsung. Model Problem Based Learning digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode mix methode, dengan desain sequential explanatory, Di mana peneliti akan mendapatkan data kualitatif dan kuantitatif. Data yang di dapatkan yakni dari hasil pretest, posttest, lembar observasi, angket dan lembar wawancara. Sample dari penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan populasi berjumlah 30, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian menunjukkan perolehan rata-rata nilai pretest yaitu 42,19 sedangkan perolehan rata-rata nilai posttest yaitu 86,28. Selain itu untuk nilai uji normalitas pretest yaitu 0,066 sedangkan posttest yaitu 0,50 maka secara signifikansi kedua nilai tersebut telah memenuhi kriteria uji normalitas yaitu 0,05 artinya penelitian ini dapat diterima. Selanjutnya secara kualitatif penelitian ini dikatakan berhasil dengan catatan terdapat kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh guru ketika pembelajaran yaitu pada saat mengkondisikan siswa karena suasana di kelas menjadi tidak kondusif, serta terdapat beberapa siswa yang kemampuan pemahamannya kurang. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, Model Problem Based Learning, Sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/520 |