PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POWERPOINT INTERAKTIF MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD

Lupita Ardilah, 18060233 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POWERPOINT INTERAKTIF MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of LAMPIRAN '.pdf] Text
LAMPIRAN '.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh kurangnya kemampuan pemahaman siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak. Tidak tersedianya bahan ajar yang sesuai serta kurangnya eksplorasi guru menggunakan model pembelajaran
menjadi permasalahan yang mengakibatkan siswa kesulitan memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif powerpoint Gaya dan Gerak menggunakan model problrm based learning yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran, mengetahui respon
guru dan siswa, serta peningkatkan kemampuan pemahaman siswa melalui penggunaannya. Metode yang digunakan adalah Research and Develovpment (R&D) versi Borg and Gall yang tahapannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Pengumpulan data memakai
teknik tes dan nontes berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai uji-t dan uji N-Gain. Hasil menunjukan presentase nilai kelayakan dari ahli materi sebanyak 88,75% dan ahli media sebanyak 88,88%
dengan kategori “sangat layak”. Respon guru dan siswa terhadap bahan ajar mendapatkan presentase sebanyak 80,79% dengan kategori “sangat baik”. Pada hasil uji-t nilai posttest lebih besar dari pretest. Nilai N-gain yang didapat senilai 0,54 pada uji terbatas dan 0,60 pada uji luas dengan kategori sedang. Simpulan penelitian adalah produk bahan ajar sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:57
Last Modified: 11 Jul 2025 03:57
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item
View Item