Lupita Ardilah, 18060233 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POWERPOINT INTERAKTIF MATERI GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (978kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN '.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN '.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Penelitian ini didasari oleh kurangnya kemampuan pemahaman siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak. Tidak tersedianya bahan ajar yang sesuai serta kurangnya eksplorasi guru menggunakan model pembelajaran
menjadi permasalahan yang mengakibatkan siswa kesulitan memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif powerpoint Gaya dan Gerak menggunakan model problrm based learning yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran, mengetahui respon
guru dan siswa, serta peningkatkan kemampuan pemahaman siswa melalui penggunaannya. Metode yang digunakan adalah Research and Develovpment (R&D) versi Borg and Gall yang tahapannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Pengumpulan data memakai
teknik tes dan nontes berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai uji-t dan uji N-Gain. Hasil menunjukan presentase nilai kelayakan dari ahli materi sebanyak 88,75% dan ahli media sebanyak 88,88%
dengan kategori “sangat layak”. Respon guru dan siswa terhadap bahan ajar mendapatkan presentase sebanyak 80,79% dengan kategori “sangat baik”. Pada hasil uji-t nilai posttest lebih besar dari pretest. Nilai N-gain yang didapat senilai 0,54 pada uji terbatas dan 0,60 pada uji luas dengan kategori sedang. Simpulan penelitian adalah produk bahan ajar sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/519 |