PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kamelia Marwah Hayati, 20060088 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 - KAMELIA.pdf] Text
BAB 1 - KAMELIA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB 2 - KAMELIA.pdf] Text
BAB 2 - KAMELIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of BAB 3 - KAMELIA.pdf] Text
BAB 3 - KAMELIA.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB 4 - KAMELIA.pdf] Text
BAB 4 - KAMELIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of BAB 5 - KAMELIA.pdf] Text
BAB 5 - KAMELIA.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of DAPUS - KAMELIA.pdf] Text
DAPUS - KAMELIA.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi skala disebabkan kurangnya keaktifan siswa dan belum tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Model Problem Based Learning dan Aplikasi Wordwall digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini agar dapat mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall, proses penerapannya dan
kendala yang dirasakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Metode dalam penelitian ini yaitu mix method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas V SD yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat
keefektivitasan penerapan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yang dilihat hasil perhitungan N-Gain dengan kategori sedang, perhitungan efektivitas cohen
dengan kategori besar sekali dan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Kemudian ditemukan adanya keantusiasan dan keaktifan siswa pada saat penerapan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall. Adapun kendala yang
dihadapi siswa yaitu: 1) Mengerjakan operasi hitung pembagian, 2) Menjabarkan soal cerita ke dalam model matematika, 3) Menentukan langkah-langkah dalam
mencari jawaban pada soal cerita. Selanjutnya kendala yang dihadapi guru yaitu: 1) Mengkondisikan siswa saat pembelajaran, 2) Meningkatkan konsentrasi siswa
terhadap materi yang sedang dibahas, 3) Keterbatasan dalam menggunakan alat bantu untuk menayangkan aplikasi Wordwall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Aplikasi Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:03
Last Modified: 11 Jul 2025 02:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item