PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPA

INDRI FITRIANI, 20060288 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPA, hasil tersebut meliputi perbandingan uji tes yang telah dilakukan di satu kelas eksperimen dengan membandingkan hasil Pretest dan Posttest, angket untuk dapat mengetahui kesulitan siswa dan wawancara terhadap guru untuk dapat mengetahui kesulitan yang dihadapi pada proses penerapan model problem based learning dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan desain sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV di salah satu sekolah Dasar di kabupaten Bandung Barat dengan total 30 siswa. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model problem based learning. Model pembelajaran problem based learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA. Angket yang digunakan pun untuk dapat mengetahui respon dari siswa mengenai kesulitan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, hasilnya masih terdapat beberapa siswa yang masih sulit untuk dapat mempelajari dan memahami pembelajaran yang disampaikan, sulitnya untuk dapat memotivasi anak yang tidak mau belajar, serta kurangnya rasa percaya diri siswa untuk bertanya kepada guru saat terdapat pelajaran yang cukup sulit dipahami. Adapun hasil wawancara guru mengenai kesulitan menerapkan model yang digunakan masih terdapat beberapa siswa yang belum menguasai dan memahami pembelajaran yang diberikan, serta sulitnya untuk mengkondisikan siswa, dan juga penggunaan model problem based learning ini sangat memerlukan waktu dan juga kesiapan yang matang dalam proses penerapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran berbasis masalah problem based learning, berpikir kritis, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:58
Last Modified: 10 Jul 2025 02:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item