UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA KELAS V SDN CIPADA

IMAS KARLINA, 22060132 (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA KELAS V SDN CIPADA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SDN Cipada. Penelitian
ini menggunakan metode Mix Method Adapun desain yang digunakan adalah sequential explanatory. Desain ini digunakan karena peneliti ingin mendapatkan data secara kuantitatif terlebih dahulu dan diikuti penjelasan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat keefektifan model pembelajaran aktif tipe Giving
Question and Getting Answer dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS pada Kelas V SDN Cipada. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil uji independent sample t-test bahwa nilai T-Test sebesar -9.870 dan nilai Signifikan (2-Tailed) 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan nilai signifikan 0,05 sehingga dengan menerapkan model embelajaran tersebut dapat dikatakan efektif. 2). Respons siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa materi energi listrik pada siswa kelas V di SDN Cipada dengan menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer sangat
menyenangkan. Siswa memberikan respons yang positif baik dalam mengikuti pembelajaran maupun dalam bekerja sama dengan teman sekelompoknya sehingga dapat membantu memahami konsep yang sedang diajarkan, terbukti dengan nilai skor rata-rata siswa dalam persentase yaitu 73,75 % dengan kriteria Baik. Hal ini sekaligus memperlihatkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada konsep bahasan materi energi listrik, hal ini juga mengindikasikan bahwa siswa senang dengan pembelajaran tersebut. 3. Model
Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer pada pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Cipada. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-Gain Score (%) adalah 70,19 %, maka dikategorikan cukup
tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:38
Last Modified: 10 Jul 2025 02:38
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item