PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BAGI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Gitavany Ariesta, 19060085 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BAGI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep materi
operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas 1 A SD yang berjumlah 28 diantaranya 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan Mix
Methods dan desain the Sequential Explanatory Desaign. Instrumen yang digunakan adalah (1) tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa, (2) wawancara untuk
mengetahui kesulitan guru dan siswa, (3) angket respon untuk mendapatkan informasi tentang keefektifan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Hasil analisis dilihat dari rata-rata N-Gain dimana terdapat peningkatan
kemampuan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Angket respom guru dan siswa menunjukkan hasil yang sangat baik. Lembar observasi siswa dan guru menunjukkan hasil yang sangat baik. Kesulitan
guru yaitu memberi penjelasan mengenai tujuan pembelajaran dan kurangnya alat peraga, sedangkan yang dialami siswa yaitu kesulitan memahami pelajaran hitungan penjumlahan dan kurangnya minat belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas 1 SD setelah menggunakan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Problem Based Learning kemampuan pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:29
Last Modified: 09 Jul 2025 06:29
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item
View Item