Fuad Mahdi Fadhlulloh, 19060155 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN PPKn SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (502kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar. Hal tersebut terjadi karena guru masih menerapkan pembelajaran konvensional yang monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menelaah penerapan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning serta kendala guru dalam menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode
mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Kota Bandung. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,7 dan berada pada interpretasi “Tinggi”. Selain itu angket respon siswa menunjukkan interpretasi “Sangat Baik”.
Adapun kendala yang diungkapkan guru yaitu kesulitan dalam memanagament waktu dan kesulitan dalam mengkondisikan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:14 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:14 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/457 |