PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Faldi Muhammad Noor Fauji, 20060254 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pengambilan keputusan siswa. Hal tersebut didasari oleh hasil observasi siswa dan wawancara guru yang dilakukan sebelum penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan kemampuan pengambilan keputusan siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL), respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan
pengambilan keputusan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tazkya yang berjumlah 16 orang dan terdiri dari 7 siswa laki laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,71 dan
berada pada interpretasi “Tinggi”. Selain itu, perolehan skor angket siswa memperoleh nilai rata
rata 86 dan berada pada kategori “sangat tinggi”. Kemudian hasil angket respon guru memperoleh skor 36 dari skor maksimal 40 dan memiliki persentase 90% dan berada pada interpetasi “Sangat Tinggi”. Adapun kendala yang dihadapi siswa diantaranya, kesulitan dalam mengidentifikasi atau
menganalisis permasalahan, kurangnya kerja sama antar anggota kelompok, kurang fokus dalam mencari informasi dari teks bacaan dan kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusi. Selain itu, kendala yang dihadapi guru diantaranya sebagian besar siswa kurang fokus dalam pembelajaran, kesulitan dalam mengorganisasikan kelompok, kesulitan dalam menumbuhkan rasa pecaya diri siswa untuk melakukan presentasi, dan banyaknya siswa yang kurang memahami materi.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Problem Based Learning (PBL), Kelas V Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:48
Last Modified: 08 Jul 2025 03:48
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item
View Item