ELFA NUR LATIFAH, 20060177 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACAPEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (573kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Download (677kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (980kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAK.pdf
Download (441kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan membaca pemahamann pada siswa kelas III sekolah dasar melalui Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition). Penelitian ini menggunakan metode mix method yang menggabungkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun desain yang digunakan adalah the sequential explanatory, yang dimana pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan pretest
osttest, dan data kualitatif dilakukan dengan sebaran angket dan wawancara kepada pihak yang terkait, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang bertempat di salah satu sekolah dasar di Cimahi yang terdiri
dari 25 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis secara keseluruhan diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan membaca pemahaman dengan perolehan nilai rata-rata pretest yaitu, 59,48 dan posttest yaitu 76,24, Namun terdapat beberapa kesulitan siswa seperti masih terdapat siswa yang belum percaya diri dalam memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan dalam
berdiskusi. Selain itu juga terdapat kesulitan yang dialami guru yaitu waktu yang dipergunakan sangat terbatas, namun hal ini dapat teratasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Keterampilan Membaca Pemahaman, Siswa Kelas 3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:40 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:40 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/426 |