PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Dinda Nur Arsya, 20060001 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Matematika merupakan suatu ilmu tentang logika, mengenal bentuk, urutan, serta konsep-konsep yang berhubungan suatu dengan lainnya. Rendahnya pemahaman konsep khususnya pada mata pelajaran matematika. Siswa hanya mampu menjawab soal yang disajikan tetapi siswa tidak paham akan konsep yang di
berikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bangun datar serta kendala yang dihadapi oleh siswa dan kendala yang dihadapi
oleh guru ketika kegiatan pembelajaran. Adapun metode pembelajaran penelitian yang digunakan yaitu mixed method dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III di SD Al Falah dengan sampel sebanyak 20 siswa yang bertempat di wilayah Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil jawaban pretes dan posttest
terhadap kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh siswa. Untuk memperkuat hasil, maka dilakukan observasi, wawancara dan penyebaran angket tentang kendala guru dan siswa dalam menerapkan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data selama penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pencapaian pemahaman konsep matematis siswa kelas 3 di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bangun datar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan skor pada nilai pretes dan posttest, namun tidak terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas 3 di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep Matematis, Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:19
Last Modified: 07 Jul 2025 04:19
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item
View Item