PENGGUNAAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

CUCU CASMINI, 22060332 (2024) PENGGUNAAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 01 BAB 1.pdf] Text
01 BAB 1.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 02 BAB 2.pdf] Text
02 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of 03 BAB 3.pdf] Text
03 BAB 3.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 04 BAB 4.pdf] Text
04 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[thumbnail of 05 BAB 5.pdf] Text
05 BAB 5.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 01 lampiran.pdf] Text
01 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstrak

Cucu Casmini. 2024. Penggunaan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IKIP Siliwangi. Dibimbing oleh Agni Muftianti, M.Pd.
dan Ruli Setiyadi, M.Pd. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar dalam pembelajaran menggunakan metode SAS, kesulitan yang dihadapi siswa dan kendala guru. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Mixed Method dengan desain Sequential Explanatory. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas I SD di salah satu SD Negeri yang berada di Desa Ciwaruga yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data berbentuk test (pretetst-posttest), serta observasi, lembar angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan SPSS 23. Hasil analisis pada kegiatan pretest adalah 64,8, sedangkan posttest nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 80,64. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode SAS. Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,45 atau
44,59%, termasuk ke dalam kategori sedang. Adapun ketuntasan klasikal termasuk kategori cukup efektif dengan persentase 84%. Hal ini menunjukkan bahwa metode SAS
layak digunakan dalam penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, keterampilan membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:51
Last Modified: 05 Jul 2025 03:51
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item