AKBAR HANIPA, 15510103 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (642kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (363kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA OK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dengan yang memperoleh pembelajaran biasa. Selain itu dikaji pula implementasi pendekatan problem solving dan kesulitan-kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretes dan postes di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII di salahsatu SMP di kabupaten bandung barat, sedangkan sampelnya adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pendekatan problem solving dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes berupa soal kemampuan penalaran matematis sebanyak 5 soal dan instrumen non-tes berupa angket motivasi belajar sebanyak 30 pernyataan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran biasa. Secara umum, implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berjalan dengan baik dan lancar. Kesulitan yang dialami siswa kelas eksprimen dan kelas kontrol dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis terdapat pada indikator menjelaskan ide situasi dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar grafik dan aljabar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi belajar Siswa, Pendekatan Problem Solving. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:27 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:27 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/393 |