RANCANG BANGUN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBANTUAN POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SD SKRIPSI

Cantika Rizki Marliana, 18060078 (2024) RANCANG BANGUN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBANTUAN POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS V SD SKRIPSI. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (92kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstrak

Marliana, C, R. 2023 “Rancang Bangun Media Kartu Bergambar Berbantuan Powerpoint Dengan Menggunakan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ips Siswa Kelas V SD”. Salah satu kemampuan peserta didik yang harus dimiliki adalah kemampuan pemahaman konsep. Peserta didik dapat dikatakan memahami suatu konsep, jika ia mampu menjelaskan kembali suatu informasi yang telah diperolehnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah menelaah : 1) Proses dan hasil
pengembangan media pembelajaran kartu bergambar dengan menggunakan model think pair share berbantuan powerpoint. 2) Kelayakan media pembelajaran kartu bergambar dengan menggunakan model think pair share berbantuan powerpoint. 3) Tingkat ke praktisan media pembelajaran kartu bergambar dengan menggunakan model think pair share berbantuan powerpoint untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa kelas 5 SD. 4) Tingkat efektivitas media pembelajaran kartu bergambar dengan menggunakan model think pair share berbantuan powerpoint untuk meningkatkan pemahaman konsep
IPS siswa kelas 5 SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu RPP, lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket, dan lembar soal tes. Dalam penelitian ini mengggunakan 2 tahapan uji coba yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada saat uji coba terbatas berjumlah 15 peserta didik dan uji coba luas berjumlah 40 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah disusun. Dibuktikan dengan temuan media kartu bergambar berbantuan
powerpoint berdasarkan hasil validasi yang diberikan oleh validator ahli materi memperoleh persentase sebesar 98%, kemudian hasil validasi ahli media memperoleh presentase 97,5%. Hasil akhir yang diperoleh terhadap respons siswa pada uji luas adalah 88,9%. Media kartu bergambar berbantuan powerpoint dinyatakan praktis, hal ini diperoleh dari 40 responden siswa kelas V SDN Babakan Pari yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan media kartu bergambar berbantuan powerpoint dengan memperoleh presentase sebesar 84,5% pada uji terbatas dan 85% pada uji luas.Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berbantuan powerpoint dengan menggunakan model think pair share untuk meningkatkan pemahaman dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 02:35
Last Modified: 05 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item