PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MANDE TAHUN AJARAN 2017/2018

Rizky Azis Mubarok, 14210070 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MANDE TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of File 1 Cover.pdf] Text
File 1 Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of File 2 BAB I.pdf] Text
File 2 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of File 3 BAB II.pdf] Text
File 3 BAB II.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of File 4 BAB III.pdf] Text
File 4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[thumbnail of File 5 BAB IV.pdf] Text
File 5 BAB IV.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of File 6 BAB V.pdf] Text
File 6 BAB V.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of File 7 DAPTAR PUSTAKA.pdf] Text
File 7 DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of File 8 LAMPIRAN.pdf] Text
File 8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbekangi oleh keterampilan menulis teks biografi, yang harus dipelajari oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelusuran. Penelitian mengenai menulis teks biografi
diharapkan siswa dapat menuangkan idenya baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan mengangkat masalah mengenai kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Mengingat teks biografi memerlukan pemikiran kritis dalam penulisanya. Karena harus menganalisis suatu masalah. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya metode untuk membuat siswa lebih berminat dan antusias dalam aktivitas menulis. Problem Based Learning
merupakan metode yang dapat memudahkan siswa dalam proses menulis. Khususnya dalam menulis teks biografi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode Problem Based Learning dalam
pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mande? (2) Apakah metode Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode lain dalam pembelajaran menulis teks biografi pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mande? (3) Apakah kesulitan yang dihadapi siswa kelas X SMA Negeri 1 Mande dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode problem based learning? Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Dengan sampel kelas X IPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen. Dan kelas X IPA 3 berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Mande. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas guru mendapatkan nilai rata rata 3,57 dan murid mendapatkan nilai rata-rata 3,47. (2) terdapat perbedaan
antara sebelum dan sesudah penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran menulis teks biografi yang signifikan, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan kenaikan rata-rata 81,6 di kelas eksperimen dan di kelas
kontrol dengan kenaikan rata-rata 73,6. Hal ini dibuktikan berdasarkan statistik yang diperoleh yaitu sig. 0,000 < 0,05. (3) nilai rata-rata kesulitan siswa meningkat setelah menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran teks biografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menulis, metode Problem based learning, teks biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:52
Last Modified: 03 Jul 2025 03:52
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item