PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Andri Kurnia, 20060064 (2023) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LEMBAR  PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V sekolah dasar
disebabkan dari model pembelajaran yang monoton dan kurang cocok pada siswa
kelas V sehingga siswa mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Ini semua
disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional.
Maka dari itu peneliti melakukan penelitian Mix Methode dengan desain
Explanatory Squential Design dan menggunakan model pembelajaran Problem
based learning. Instrumen yang digunakannya pun berupa tes, angket respon siswa,
angket respon guru, wawancara guru, lembar observasi guru, dan lembar observasi
siswa. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang dipakai yaitu kuantitatif dan
kualitatif. Siswa yang berperan sebagai sample sebanyak 32 siswa yang telah
dilaksanakan di SDN Curug, Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten
Bandung . Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran Problem
based learning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas
V Sekolah Dasar. Hal ini juga diperkuat dengan hasil Postest yang meningkat
secara signifikan pada akhir pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem based learning, Kemampuan Membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:44
Last Modified: 23 Jun 2025 04:44
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item