KIKI ZIARA RAMADINA, 20070018 (2024) PENGGUNAAN GAME EDUKASI MARBEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENGESAHAN.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (419kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (950kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Mengenal huruf kepada anak khususnya usia dini memerlukan media
pembelajaran sebagai jembatan supaya anak anak tidak cepat bosan dan bisa focus lebih
lama serta mengalihkan perhatian anak. Untuk mengenalkan huruf pada anak bisa
dilakukan dengan game edukasi marbel. Dengan adanya penelitian ini tujuannya, adalah
untuk mengetahui bahwa apakah dengan pengenalan huruf dengan metode Bermain
Menggunakan Game Edukasi Marbel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak usia dini. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan jenis
Deskriftif Kualitatif. Metode dalam mengumpulkan data dilakukan dengan observasi,
wawancara. Sementara itu, analisis model Kemmis dan Mc Taggart (Ruknan, 2017) yang
mencakup beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini menghasilkan bahwasanya dengan penggunaan game edukasi
marbel untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini Berdasarkan
pengamatan peneliti dan guru dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi
marbel untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini telah
menunjukkan keberhasilan hal itu dapat dilihat dari grafik Prasiklus, Siklus I dan siklus II
yang terus mengalami peningkatan serta telah mencapai indikator keberhasilan kelas
dengan persentase 81,6% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi Marbel; Mengenal Huruf; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:58 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/184 |