PENGGUNAAN GAME EDUKASI MARBEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI

KIKI ZIARA RAMADINA, 20070018 (2024) PENGGUNAAN GAME EDUKASI MARBEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mengenal huruf kepada anak khususnya usia dini memerlukan media
pembelajaran sebagai jembatan supaya anak anak tidak cepat bosan dan bisa focus lebih
lama serta mengalihkan perhatian anak. Untuk mengenalkan huruf pada anak bisa
dilakukan dengan game edukasi marbel. Dengan adanya penelitian ini tujuannya, adalah
untuk mengetahui bahwa apakah dengan pengenalan huruf dengan metode Bermain
Menggunakan Game Edukasi Marbel dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak usia dini. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan jenis
Deskriftif Kualitatif. Metode dalam mengumpulkan data dilakukan dengan observasi,
wawancara. Sementara itu, analisis model Kemmis dan Mc Taggart (Ruknan, 2017) yang
mencakup beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini menghasilkan bahwasanya dengan penggunaan game edukasi
marbel untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini Berdasarkan
pengamatan peneliti dan guru dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi
marbel untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini telah
menunjukkan keberhasilan hal itu dapat dilihat dari grafik Prasiklus, Siklus I dan siklus II
yang terus mengalami peningkatan serta telah mencapai indikator keberhasilan kelas
dengan persentase 81,6% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Marbel; Mengenal Huruf; Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:58
Last Modified: 13 Jun 2025 02:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item
View Item