PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KELAS III SEKOLAH DASAR

Santi, Ade (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KELAS III SEKOLAH DASAR. Repository IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (833kB)

Abstract

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Siswa, penelitian ini dilaksanakan pada
siswa kelas III SDN Kayumabon 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dibimbing
oleh Bapak Dr.Galih Septiyan Rahayu, M.Pd dan Ibu Hana Putu Arga, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah model
pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kreatifsiswa kelas III SD mata pelajaran PKn, alasan peneliti untuk mengembangkan penelitian ini adalah, dilihat dari hasil observasi, wawancara dan
pembagian angket yang sudah dilakukan di salah satu SDN di kota bandung, hasil pembagian angket respon siswa dan kendala yang guru hadapi saat mengajar adalah,
siswa kurang mampu untuk mengembangkan pemikiran mereka secara kreatif dalam proses pembelajaran, dari permasalahan diatas peneliti menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, untuk menjawab permasalahan yang disampaikan guru lewat angket dan wawancara, Penelitian ini menggunakan menggunakan Mix Methode dengan rancangan Sequensial Design. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 pertemuan dengan pembagian soal, hasil Pretest rata-rata nilai siswa 42,6 dan rata-rata nilai Posttest
dengan rata 80, dari hasil penelitian dapat dismpukan, bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir siswa kelas III, dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 31 May 2025 08:21
Last Modified: 31 May 2025 08:25
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item