EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK B DI TK IKHSAN MUSLIMIN

Djulia Purnamasari, 17070364 (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK B DI TK IKHSAN MUSLIMIN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa anak usia dini,
terutama dalam kemampuan mengenal dan membedakan huruf, membaca dan menuliskan
huruf, serta kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Metode
bernyanyi merupakan salah satu metode yang praktis dalam mengenalkan huruf kepada
anak usia dini. Pengenalan huruf dilakukan dengan kegiatan bermain yang menyenangkan
hal ini dilakukan agar anak tidak cepat bosan saat kegiatan berlangsung, terutama
pembelajaran yang dilakukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui : 1) Skenario dan implementasi pembelajaran daring dalam upaya
meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan bernyanyi. 2) Respon guru dan
siswa terhadap pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui
kegiatan bernyanyi. 3) Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa saat mengikuti
pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan
bernyanyi. 4) Kendala-kendala yang dihadapi guru pada saat mengimplementasikan
pembelajaran daring pada kegiatan bernyanyi pada kelompok B TK Ikhsan Muslimin.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data penelitian
menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan
sebanyak 8 kali pertemuan, dengan subjek penelitian 8 anak di kelompok B TK Ikhsan
Muslimin Bandung. Dari hasil pertemuan yang telah dilaksanakan selama pembelajaran
daring, peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran daring untuk meningkatkan
perkembangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf pada kelompok B di TK
Ikhsan Muslimin Bandung mengalami peningkatan dari pertemuan pertama yang tadinya
60% hingga pertemuan ke delapan sebanyak 93%, hal ini terlihat dengan anak mampu
mengenal dan membedakan huruf, mampu membaca dan menuliskan huruf serta mampu
menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Bahasa, Menyanyi, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:34
Last Modified: 12 Jun 2025 07:34
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item