PEMBELAJARAN DARING MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B DI TK PARIPURNA 3

Diyana Nuraeni, 17070180 (2022) PEMBELAJARAN DARING MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B DI TK PARIPURNA 3. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGERSAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGERSAHAN.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Semenjak tersebarnya Covid-19 di Indonesia, aktivitas
belajar disekolah menjadi online dirumah. Kreativitas merupakan suatu kemampuan
penting untuk anak usia dini. Kreativitas dengan media bahan alam masih rendah dilihat
dari kurangnya pengetahuan anak terkait bahan alam yang dijadikan hasil karya.
Kurangnya inisiatif guru memperkenalkan bahan alam kepada anak. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas
anak melalui metode quantum learning dengan media bahan alam dalam pembelajaran
daring dilaksanakan pada kelompok B sebanyak 10 orang, tiga anak laki-laki dan tujuh
perempuan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi untuk memperjelas hasil observasi meningkatkan kreativitas anak.
Analisis data yang digunakan adalah analisis tematik melalui reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui metode quantum
learning dengan media bahan alam dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan
kreativitas anak. Hasil penilaian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan dalam
kreativitas anak yang telah dilakukan selama delapan kali pertemuan, terlihat dari
pertemuan ke delapan terdapat empat orang anak yang berada ditahap perkembangan BSH
dan enam orang anak berada pada tahap perkembangan BSB. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa anak mampu meningkatkan kreativitasnya melalui metode quantum learning
dengan media bahan alam. Respon anak melalui kegiatan menggunakan bahan alam sangat
senang karena dapat berekspresi dilingkungannya, anak dapat aktif dan tidak jenuh dalam
mengerjakan kegiatannya. kreativitas anak dapat berkembang jika anak diberikan media
pembelajaran yang beragam agar anak tidak bosan dan memungkinkan anak untuk
bereksplorasi menuangkan gagasannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kreativitas, Quantum Learning, Bahan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:31
Last Modified: 12 Jun 2025 07:31
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item
View Item