PENERAPAN PEMBELAJARAN LITERASI MELALUI METODE SCRAMBLE UNTUK PENGENALAN HURUF PADA KELOMPOK B

ANISA YULIANTI DEWI, 20070032 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN LITERASI MELALUI METODE SCRAMBLE UNTUK PENGENALAN HURUF PADA KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)

Abstract

Anak adalah seorang
individu yang memiliki karakter yang berbeda-beda, setiap dari anak memiliki kelebihan
dan kekurangannya masing-masing, terutama dalam hal pembelajaran mengenal huruf.
Pembelajaran mengenal huruf erat kaitannya dengan literasi, karena sebelum anak mulai
mencintai kebiasaan literasi, semua itu diawali dengan mengenal huruf tetapi untuk
mengenalkan huruf pada anak memerlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan
dapat membuat anak terpahamkan tentang pembelajaran tersebut. Maka dari itu
diperlukannya sebuah metode yang dapat mewadahi hal itu yaitu menggunakan metode
Scramble.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran
literasi melalui metode Scramble untuk pengenalan huruf, untuk mengetahui kendala yang
dialami oleh guru dan anak, dan untuk mengetahui efktivitas penerapan pembelajaran
literasi melalui metode Scramble untuk pengenalan huruf pada kelompok B. Metode
penelitian yang digunakan adalah Mix Method dengan desain penelitian The Exploratory
Sequential. Subjek penelitian berjumlah 10 orang anak usia 5-6 tahun di KB/TK Al-Biruni
District Orange. Pengolahan data dibagi menjadi dua, yaitu data kulitatif yang diperoleh
dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan data kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data angket. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode Scramble untuk
pengenalan huruf pada anak kelompok B dari pertemuan 1 sampai dengan 8 memperoleh
hasil yang signifikan yaitu anak yang berada pada kategori Mulai Berkembang di
pertemuan akhir meningkat menjadi dua orang dengan kategori Berkembang Sesuai
Harapan dan delapan orang dengan kategori Berkembang Sangat Baik, maka dapat
dinyatakan penelitian ini berhasil dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Metode Scramble, Pengenalan Huruf, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:36
Last Modified: 11 Jun 2025 07:36
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item
View Item