PENERAPAN POLA ASUH AUTHORITARIAN DAN AUTHORITATIVE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK. (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-6 Tahun di Yayasan Cinta udaya Bangsa,Bandung)

Elly Chandra Dewi, 17105032 (2019) PENERAPAN POLA ASUH AUTHORITARIAN DAN AUTHORITATIVE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK. (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-6 Tahun di Yayasan Cinta udaya Bangsa,Bandung). Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)

Abstract

Elly Chandra Dewi. NIM : 17105032. Penerapan Pola Asuh Authoritarian Dan Authoritative Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pola asuh authoritarian dan authoritative dalam meningkatkan kemandirian anak di Yayasan Cinta Budaya Bangsa, Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau studi kasus. Metode yang digunakan adalah metode naratif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai pengasuh dan anak dengan rentang usia
3 hingga 6 tahun di Yayasan Cinta Budaya Bangsa. Dari hasil penelitian diperoleh pola asuh authoritarian kurang meningkatkan kemandirian anak, anak merasa gagal saat tidak dapat melakukan kegiatan tertentu. Namun pola asuh tersebut dapat dilakukan pada kelas dengan kondisi siswa yang lebih banyak. Pola asuh authoritative yang diterapkan oleh pengasuh membantu anak mengembangkan kemandiriannya saat melakukan kegiatan-kegiatan di sekolah. Proses kemandirian dan keberhasilan anak dalam melakukan aktivitas cenderung lebih cepat, namun pengasuh hanya mampu menangani satu anak dalam satu waktu. Dampak dari penerapan pola asuh authoritarian adalah pengasuh dapat melakukan berbagai kegiatan terhadap beberapa anak dan tidak hanya fokus pada satu anak saja namun lebih mengabaikan kondisi emosi anak pada saat itu dan hal ini dipandang pihak luar bahwa pengasuhnya kurang perhatian. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan pola asuh
authoritative membantu meningkatkan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kemandirian Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:45
Last Modified: 10 Jun 2025 05:45
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item