PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE

Syifa Fauzia Rahmah, 17810021 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rahmah, S. F. (2019): “Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa SMK Melalui Strategi Think Talk Write”. Pada saat ini kemampuan menulis masih rendah terutama pada pembelajaran teks laporan
hasil observasi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek seperti keterbatasan pengetahuan menggunakan ejaan, keterbatasan berpikir kritis mengorganisasi isi secara sistematis, dan model pembelajaran tidak berorientasi pada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan siswa terdapat pada pengetahuan dan keterampilan menulis teks, khususnya dalam teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengetahuan
menulis teks laporan hasil observasi siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan strategi Think Talk Write dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Keterampilan menulis
teks laporan hasil observasi siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan strategi Think Talk Write dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Asosiasi antara pengetahuan dengan keterampilan siswa SMK dalam menulis teks laporan hasil observasi. Serta gambaran kinerja siswa pada saat pembelajaran, menyelesaikan soal-soal pengetahuan dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi Think Talk Write. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Kelas eksperimen menggunakan strategi Think Talk Write dan kelas kontrol menggunakan metode Discovery Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cipatat dengan sampel kelas eksperiment berjumlah 21 siswa dan kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 37,80% dan 34,02% untuk kelas kontrol, uji Mann Whitney diperoleh nilai sig 0,190. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70,19% dan 69,68% untuk kelas kontrol dan uji T diperoleh nilai sig 0,000. Dengan demikian disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang menggunakan strategi Think Talk Write lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa. Tidak terdapat asosiasi antara pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Think Talk Write, Pengetahuan Teks Laporan Hasil Observasi, Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:55
Last Modified: 10 Jun 2025 02:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item
View Item