Jurnal
MODEL PEMBELAJARANNEUROLINGUISTIC PROGRAMMINGBERORIENTASI KARAKTER BAGI PENINGKATANKEMAMPUAN MENULIS SISWA SMP
Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran neurolinguistik programming berorientasi karakter (MPNLPBK) terhadap kemampuan menulis
siswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) jenis sequential
exploratory strategy. Hasil penelitian tahap pertama (penelitian kualitatif) menghasilkan model pembelajaran hipotetik. Penelitian tahap kedua merupakan uji coba penerapan model hipotetik (penelitian kuantitatif).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan MPNLPBK dapat
meningkatkan kemampuan menulis siswa kelompok eksperimen. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan
terhadap aspek karakter komunikatif, toleran, tanggungjawab dan kreatif siswa, terdapat perkembangan
pada diri siswa untuk setiap aspek tersebut
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain