Jurnal
Upaya Peningkatan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Metode Stad Pada Siswa SMP
Tujuan penelitian ini yaitu upaya peningkatan keterampilan menulis siswa SMP pada materi teks persuasi menggunakan metode STAD. Menulis merupakan aspek yang dipergunakan manusia untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan yang tidak langsung. Metode penelitian yang peneliti digunakan yaitu metode eksperimen, dengan desain pre-test post-test one grup. Sampel penelitian yaitu siswa SMP kelas VIII. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Rencana Pelaksanan pembelajara, lembar Observasi dan lembar tes. Hasil pre test dan post test menunjukan adanya peningkatak keterampilan menulis siswa pada materi teks persuasi menggunakan metode STAD. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa pada materi teks persuasi menggunakan metode STAD. Adapun hasil pengamatan pembelajaran guru di kelas 85% terlaksana dan pembelajaran siswa di kelas 80% terlaksana. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan menulis siswa pada materi teks persuasi menggunakan STAD dan dapat meningkat dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan dalam penelitian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain