Jurnal
Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya perbedaan kemampuan menulis teks biografi yang signifikan antara kelas yang mengaplikasikan model PJBL dan kelas yang tidak mengaplikasikan model tersebut. Dalam mencapai tujuan itu, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan ialah simpel random sampling dikarenakan pengambilan sampel dilakukan secara acak. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah X AK 2 dijadikan kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan X Akuntansi 1sebagai kelas kontrol berjumlah 36 orang . Berdasarkan penelitian, maka diperoleh data-data diantaranya nilai rata–rata (mean) tes akhir kelas ekperimen sebesar 46,25 sedangkan kelas kontrol sebesar 39,30. Hasil perhitungan effect size kemampuan menulis teks biografi kedua kelas baik eksperimen maupun kontrol, diperoleh sebesar 6,95, diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Maka bisa disimpulkan dari data di atas, bahwa kemampuan menulis teks biografi yang menggunakan model PJBL lebih besar nilai yang diperolehnya dibandingkan kelas yang tidak menerapkan model tersebut.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain