Jurnal
Penerapan Metode Student Teams Achievement Division Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Menulis Teks Anekdot Pada Peserta Didik Kelas X SMK Kesfa
Masa pandemik mengharuskan dan mewajibkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) guna memutus penyebaran Covid-19. Pembelajaran PPJ dengan daring guru dan peserta didik dituntut untuk lebih kreatif. Penelitian ini meneliti pembelajaran dalam jaringan (daring) dalam menulis teks anekdot dengan metode pembelajaran kooperatif student team achievement divison (STAD) berbasis Audio visual pada peserta didik kelas X SMK KESFAM. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu kesulitan menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang disebabkan peserta didik kurang paham terhadap struktur, langkah-langkah menulis teks anekdot dan kaidah kebahasaan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam menulis teks anekdot yang berbasis media audio visual dan mengetahui respon peserta didik terhadap implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring/online) dengan metode student team achievement division (STAD). Metode penelitian yang digunakan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan (daring) menulis teks anekdot pada peserta didik kelas X SMK KESFAM Batujajar melalui metode pembelajaran student team achievement division (STAD) berbasis audio visual berjalan secara optimal. Hal tersebut dilihat dari hasil belajar yang meningkat melebihi rata-rata nilai KKM yaitu 80.5, nilai rata-rata dalam struktur adalah 80.5 dan nilai kaidah kebahasaan 75.5. Kemudian angket yang dilakukan dan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual juga memiliki efektivitas untuk menunjang keterampilan menulis peserta didik dalam teks anekdot.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain