Jurnal
Pembelajaran Menulis Teks Drama Menggunakan Pendekatan Deduktif Berbantuan Aplikasi Wattpad
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kualitas pembelajaran serta pembelajaran harus berpusat pada peserta didik, hasil observasi KBM diperoleh nilai peserta didik tidak memuaskan dan minat peserta didik dalam menulis sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kualitas pembelajaran melalaui perolehan nilai peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama, serta mengetahui minat peserta didik dalam pembelajaran menulis terutama menulis teks drama menggunakan pendekatan deduktif berbantuan aplikasi Wattpad yang terpusat pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cisarua. Pengambilan sampel dengan cara acak atau random sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai sampel dalam penelitian ini, sebanyak 20 siswa. Hasilnya perolehan nilai peserta didik dengan nilai tertinggi sebesar 92, nilai terendah sebesar 50 dan rata-rata nilai sebesar 76,25. Peserta didik menjadi memiliki minat yang tinggi terhadap menulis teks drama terbukti dengan hasil rekapitulasi angket sebesar 2,99 masuk pada kualifikasi baik atau tinggi. Dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan tretment menggunakan pendekatan deduktif berbantuan aplikasi Wattpad maka perolehan nilai peserta didik memuaskan dan peserta didik menjadi memiliki minat terhadap menulis teks drama.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain