Jurnal
APLIKASI SCRATCH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DI ERA SOCIETY 5.0
Pembentukan karakter sangat penting untuk membina kepribadian peserta didik. Pendidikan karakter bisa
direalisasikan melalui aktivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi scratch android
sesuai perkembangan teknologi di era society 5.0 pada penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa pengembangan aplikasi scratch dan peningkatan berpikir kreatif matematik siswa
setelah menggunakan aplikasi scratch. Metode yang digunakan ialah penelitian pengembangan R & D
(Research and Development) dengan model Plomp melalui tahap investigasi awal, rancangan produk, dan
uji lapangan. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VII SMPN 3 Darma, Kuningan, Jawa Barat.
Instrumen yang digunakan berupa 5 butir tes soal tipe uraian, lembar validasi, angket, dan wawancara
yang dikumpulkan secara online melalui Google Form. Pada penelitian ini ditemukan bahwa; 1) Aplikasi
scratch yang disusun berkualitas baik, memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif, 2) Penggunaan aplikasi
scratch efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik, 3) Tanggapan siswa dan guru terhadap
aplikasi scratch sangat positif. Sehingga aplikasi scratch dapat membantu dan memudahkan siswa dalam
belajar dan sangat baik untuk terus dikembangkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain