Jurnal
Teacher’s Strategy in Developing Environmental Care through Simple Scinece Experiment toward Elementary Students.
Penelitian ini beranjak dari menurunnya kecenderungan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan. Munculnya berbagai bencana alam salah satunya disebabkan oleh ulah manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Tujuan penelitian ini adalah berupaya mengungkap strategi guru dalam mengembangkan peduli lingkungan melalui percobaan sains sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode survey terkait dengan hakikat sains, percobaan sains sederhana, serta sikap peduli terhadap lingkungan. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Dalam penelitian ini jumlah responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 224 guru SD yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket mengenai penerapan hakikat sains dan sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan pada siswa sudah sering dilakukan oleh guru melalui percobaan sains sederhana dengan rata-rata nilai sebesar 38.5%. Selain itu, penelitian mengindikasikan adanya sebagian guru yang belum pernah mengembangkan sikap peduli lingkungan terhadap peserta didiknya dengan persentase sebesar 5.25%. Hal ini yang membuat perlunya dilakukan alternatif kegiatan sebagai upaya perbaikan melalui strategi guru dalam pengembangkan sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui percobaan sains sederhana
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain