Text
Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan konetsktual berbantuan media audio bagi siswa tunanetra kelas X di SLBN-a Citereup Cimahi
Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Pendekatan
Kontekstual Berbantuan Media Audio bagi Siswa Tunanetra Kelas X di SLBN-A
Citeureup Cimahiā. Pembelajaran menulis puisi merupakan suatu pembelajaran menulis
kreatif karena menuntut siswa untuk terampil menuangkan kata-kata indah pilihannya ke
dalam bentuk tulisan yang bernama puisi. Berdasarkan temuan peneliti di lapangan,
diketahui bahwa pembelajaran menulis puisi siswa di SLBN-A Citeureup Cimahi saat ini
masih menghadapi kendala. Ada beberapa siswa yang masih belum dapat membedakan
antara puisi dengan prosa fiksi, padahal kedua hal tersebut jauh berbeda. Hal tersebut
diakibatkan karena kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran tersebut dan
juga masih monotonnya pola ajar yang dilakukan oleh guru di sekolah. Berdasarkan hal
tersebut, maka dilakukanlah penelitian pada pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio. Pendekatan kontekstual
adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha mengaitkan kehidupan nyata siswa
dengan konten atau materi pelajaran yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan (1) Skenario pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan
pendekatan kontekstual, berbantuan media audio, (2) respon siswa dan guru terhadap
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan
media audio, dan (3) kesulitan yang dialami oleh siswa ketika menyelesaikan tugas dalam
pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptiff kualitatif
dengan subjek penelitiannya adalah siswa tunanetra kelas X di SLBN-A Citeureup
Cimahi. Pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini adalah dengan cara tes dan non
tes. Hasil dari teknik tes adalah puisi karya siswa, dan teknik non tes adalah lembar
angket, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil analisis data maka
dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil implementasi dari pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio bagi siswa tunanetra di
SLBN-A Citeureup adalah baik, hal ini dapat terlihat dari kemampuan siswa dalam
menulis puisi, mengerjakan soal latihan yang diberikan, dan dapat bekerja sama
sesamanya, serta sekaligus melatih mereka untuk berpikir kritis. (2) Respon guru dan
siswa pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual
berbantuan media audio bagi siswa tunanetra di SLBN-A Citeureup adalah baik, yaitu
siswa setuju bahwa pendekatan kontekstual berbantuan media audio dapat membantu
mereka dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Begitu pun
dengan guru yang memberikan pendapat yang sama, yaitu setuju bahwa pendekatan
kontekstual beerbantuan media audio dapat membantu dan mempermudah siswa dalam
mempelajari materi serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.
(3) Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal latihan adalah terdapat pada soal nomor 8
dan 10, sedangkan untuk soal yang berjenis uraian dan keterampilan kesulitan yang
dialami siswa adalah memilih diksi untuk menguraikan jawaban pada pertanyaan di soal
esai.
16210032 | 400 S RIK p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain