Text
Kajian muatan nilai kearifan lokal dalam buku teks bahasa Inggris tingkat SMA
Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi, pelajaran bahasa Inggris di Indonesia menjadi salah satu pelajaran wajib di tingkat SMP dan SMA. Namun akan sangat memprihatinkan apabila materi dalam buku teks bahasa Inggris tidak memuat nilai nilai kearifan lokal. Nilai kearifan lokal dapat dipandang sebagai gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik. Pelajaran bahasa Inggris bukan berarti mengajarkan budaya lain pada siswa tanpa mempertimbangkan nilai budaya Indonesia. Buku teks bahasa Inggris berpengaruh terhadap materi pembelajaran dan pembentukkan karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu kajian lebih lanjut mengenai nilai kearifan lokal dalam buku teks di semua tingkat satuan pendidikan dan implementasinya dalam pembelajaran di kelas.
1 | Prosiding Vol 2 No 1 tahun 2015 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (referensi) | Tersedia |
0409038302-1 | Prosiding Vol 2 No 1 tahun 2015 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain