Jurnal
PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENILAIAN KURIKULUM 2013
Kurikulum 2013 telah diberlakukan pemerintah pada setiap jenjang sekolah meskipun
secara bertahap. Pelaksanaan tersebut menantang praktisi pendidikan khususnya guru
dalam menguasai berbagai perangkat pendukung pembelajaran. Tulisan ini bertujuan
untuk mengkaji dan menelaah perangkat pembelajaran yang diperlukan oleh Kurikulum
2013 khususnya perangkat untuk penilaian. Penilaian seperti diamanahkan Kurikulum
2013 berupa penilaian berbasis kompetensi yang harus mengukur kompetensi sikap,
keterampilan, dan pengetahuan dengan berdasarkan pada proses dan hasil belajar.
Adanya penilaian terhadap proses dan hasil belajar, instrumen penilaian portofolio
merupakan instrumen utama dalam penilaian. Penilaian portofolio yang biasa digunakan
guru dewasa ini belum memperhatikan masalah karakteristik siswa secara optimal
sehingga perlu dikaji tentang penilaian portofolio yang memerhatikan karakteristik siswa
dari segi gaya belajarnya. Berdasarkan hasil kajian terhadap beberapa literatur maka
ditemukan sistem penilaian dengan menggunakan portofolio berbasis gaya belajar siswa
yang meliputi gaya visual, auditori dan kinestetik
J0001 | 370 WIK p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain