There is significant in increase student's vocabulary mastery using the cooperative learning.
[Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang inovatif melalui pelatihan soft skill bagi siswa-siswa SMK dalam upaya penelusuran bakat dan minatnya di Bandung Barat melalui hasil-hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan bakat dan minat pada …
The process of picture media development has conducted in designing text, pictures, printing, and finishing. The feasibility test on picture media was carried out by validator I and validator II. Teacher's and students responses have been carried out using a questionnaire instrument. They are two obstacles faced during developing the products, namely, references sources and post-production.
Developing english module of reading narrative text assisted by canva using discovery learning could be used and helpful for students and teacher in the learning process in the classroom
Pembelajaran matematika yang bernuansa interaktif dan sesuai dengan kompetensi pedagogik perlu diterapkan untuk menciptakan peserta didik agar berprestasi dan memiliki kemampuan matematis yang sistematis, luwes, dan logis. Namun, penalaran matematis siswa masih rendah dan masih adanya paradigma siswa bahwa matematika itu sulit. Untuk mengatasi kesulitan siswa dengan menggunakan bahan ajar ETICA…
Buku VBA for Microsoft Excel dalam Media Interaktif Matematika disusun untuk para pendidik, guru, mahasiswa, siswa, maupun masuarakat umum yang memiliki keterampilan dalam menggunakan ICT, terutama Microsoft Excel agar dapat membuat alat peraga untuk pembelajaran Matematika dengan menggunakan Fitur Visual Basic Application (VBA) pada Microsofot Excel. Alat peraga matematika dapat membantu siswa…
Based on the research it can be concluded that teaching analytical exposition text using contextual teaching and learning approach through whatsapp was implemented successfuly and received positive response from students
Penelitian menggunakan tujuh dan sepuluh step model R&D dari borg and gall (1983). Hasil validasi dari tiga validator menunjukan bahwa produk dapat digunakan dengan sedikit revisi. Respon guru dan siswa menunjukan bahwa produk dapat digunakan didalam kelas. Peneliti menemukan beberapa kesulitan tapi bisa di handle dengan baik.
Berdasarkan penelitian dan pengembangan produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai media motivasi belajar
1. Penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian layanan. 2. Proses layanan terbagi kedalam beberapa tahapan. 3. Kendala yang dihadapi : Guru BK tidak diberi jam khusus, tidak memiliki ruangan untuk layanan konseling kelompok.